Asosiasi Akustik dan Vibrasi Indonesia (AAVI) merupakan organisasi profesi yang dibentuk pada tanggal 1 Juli 2009. Organisasi ini merupakan wahana komunikasi, koordinasi, konsultasi, dan peningkatan keahlian para anggota di bidang akustik dan vibrasi. AAVI adalah organisasi yang mewadahi para ilmuan, akademisi, ahli, praktisi, pelaku industri, dan pemerhati akustik dan vibrasi di indonesia

Visi

Menjadi asosiasi terdepan dalam pengembangan keahlian akustik dan vibrasi di Indonesia, berkontribusi aktif dalam perkembangan keilmuan akustik dan vibrasi, serta pengabdian kepada kepentingan negara, masyarakat untuk membangun perdamaian dunia, berlandaskan Pancasila, etika ilmu pengetahuan dan profesionalisme

Misi

  1. Meningkatkan peran dan kontribusi aktif secara berkalanjutan pada pembangunan nasional dalam pengembangan keilmuan serta keahlian bidang akustik dan vibrasi.
  2. Mengembangkan program peningkatan profesionalisme yang mencakup aspek ilmu pengetahuan, keahlian praktis, serta etika profesi sebagai bagian dari peningkatan akuntabilitas organisasi dan tanggung jawab profesional anggota.
  3. Menjamin kesetaraan jenjang kualifikasi dan profesionalisme anggota dengan jenjang kualifikasi asosiasi sejenis di tingkat nasional, regional dan internasional sesuai dengan kerangka kualifikasi yang berlaku.
  4. Membangun dan mengembangkan jaringan kerjasama dengan asosiasi profesi lain dalam spirit saling menghargai ditingkat nasional maupun internasional dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas organisasi serta keahlian, kreativitas, dan inovasi anggota.
  5. mengembangkan publikasi dalam bentuk jurnal terakreditasi serta seminar keilmuan dan keprofesian tingkat nasional maupun internasional untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan keahlian di bidang akustik dan vibrasi.

Kegiatan

Kegiatan AAVI mencakup namun tidak terbatas pada:

  • Meningkatkan serta memelihara hubungan, saling pengertian, menyamakan wawasan dan meningkatkan rasa tanggung jawab nasional anggota dalam melaksanakan peran dan kegiatan keprofesian di masyarakat.
  • Mengupayakan peningkatan kemampuan dan profesionalisme anggota secara berkelanjutan seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang akustik dan vibrasi.
  • Membina dan mempererat hubungan kerjasama dengan organisasi, lembaga-lembaga profesional di bidang akustik dan vibrasi, baik di dalam maupun di luar negeri.
  • Menerbitkan publikasi dalam bentuk jurnal secara periodik baik yang bersifat ilmiah, praktis, maupun populer.
  • Menyelanggarakan seminar atau konferensi nasional dan internasional baik untuk kepentingan anggota, industri, pemerintah, institusi pendidikan dan pelatihan maupun masyarakat umum yang berfokus pada mempertahankan peningkatan ilmu pengetahuan dan keprofesian akustik dan vibrasi di Indonesia.
  • Memfasilitasi kerjasama nasional dan internasional serta mengupayakan penyebarluasan dan pengembangan lebih lanjut hasil kerjasama untuk kepentingan anggota di bidang akustik dan vibrasi